meta-pixel
foto kacamata di lap menggunakan tisu

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Kacamata

5 September 2024

Kacamata akan lebih mudah rusak jika menyepelekan hal kecil saat menggunakan kacamata.

Kacamata adalah investasi penting, baik untuk kesehatan mata maupun untuk kenyamanan penglihatan sehari-hari. Namun, tanpa disadari, banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk yang dapat merusak kacamata mereka atau bahkan membahayakan kesehatan mata. Artikel ini akan mengungkapkan lima kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna kacamata dan bagaimana cara menghindarinya agar kacamata tetap awet dan mata tetap sehat.


1. Mengelap Lensa dengan Baju atau Tisu

Salah satu kebiasaan yang paling umum dan merusak adalah mengelap lensa kacamata dengan baju, tisu, atau benda kasar lainnya. Meskipun tampak praktis, kain baju atau tisu dapat meninggalkan goresan kecil pada lensa, yang seiring waktu bisa mengaburkan pandangan dan mengurangi kejelasan lensa.


Cara Menghindari: Selalu gunakan kain microfiber khusus yang dirancang untuk membersihkan lensa kacamata. Kain ini lembut dan tidak akan meninggalkan goresan. Selain itu, pastikan lensa dalam keadaan bersih sebelum mengelapnya, karena partikel debu atau kotoran kecil juga bisa menyebabkan goresan. Anda sudah pasti akan mendapatkan 2 kain lap microfiber dari paket penjualan VIUUM Eyewear, bisa digunakan untuk traveling ataupun disimpan saat keadaan darurat.


2. Membiarkan Kacamata Terpapar Sinar Matahari Langsung

Banyak orang sering meninggalkan kacamata mereka di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari atau di tempat lain yang terpapar sinar matahari langsung. Panas yang berlebihan dapat merusak lapisan pelindung lensa dan bahkan menyebabkan frame kacamata melengkung atau berubah bentuk.


Cara Menghindari: Hindari meninggalkan kacamata di tempat yang terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Meskipun frame VIUUM terbuat dari bahan poliamida yang kuat dan lentur simpan kacamata Anda di tempat yang sejuk dan kering atau gunakan foldable case untuk melindungi kacamata saat tidak digunakan


3. Memakai Kacamata di Atas Kepala

Meletakkan kacamata di atas kepala mungkin tampak seperti cara yang mudah untuk menyimpannya sementara, tetapi kebiasaan ini dapat merusak bentuk frame kacamata dan mengendorkan sekrup yang menjaga kacamata tetap pada tempatnya. Selain itu, minyak dari rambut dan kulit kepala bisa menempel pada lensa dan frame, menyebabkan kotoran menumpuk lebih cepat.


Cara Menghindari: Sebaiknya simpan kacamata di tempat yang aman atau di dalam kotak kacamata saat tidak digunakan. Jika Anda perlu melepas kacamata sementara, lebih baik letakkan di atas meja atau tempat yang datar daripada di atas kepala. VIUUM juga memiliki layanan gratis penggantian sekrup dan baut bagi kacamata Anda yang sudah terlanjur kendur.


4. Menggunakan Kacamata Saat Berolahraga Tanpa Pengaman

Memakai kacamata biasa saat berolahraga, terutama dalam aktivitas yang melibatkan gerakan cepat atau kontak fisik, bisa berbahaya. Kacamata bisa jatuh, patah, atau bahkan menyebabkan cedera jika tidak dirancang untuk aktivitas tersebut.

Cara Menghindari: Anda bisa menggunakan aksesoris tambahan seperti tali pengaman, stopper atau clip kacamata agar tetap nyaman saat berolahraga. Kacamata VIUUM Original Series seringan 1 lembar kertas atau setara 7gr* memastikan Anda tetap nyaman beraktivitas. Namun kami juga menyediakan aksesoris stopper gratis untuk kegiatan aktif Anda.


5. Tidak Membersihkan Kacamata Secara Teratur

Kebiasaan lain yang sering diabaikan adalah tidak membersihkan kacamata secara teratur. Debu, minyak, dan kotoran yang menumpuk pada lensa dapat mengganggu penglihatan dan bahkan menyebabkan infeksi mata jika tidak dibersihkan dengan baik.


Cara Menghindari: Biasakan membersihkan kacamata setiap hari menggunakan cairan pembersih lensa yang aman dan kain microfiber. Hindari penggunaan sabun atau pembersih berbahan kimia keras, karena bisa merusak lapisan pelindung pada lensa. Atau Anda bisa datang langsung ke VIUUM Eyewear terdekat untuk mendapatkan lifetime service yang menawarkan cuci kacamata, setting ulang dan ganti nosepad gratis .


Kesimpulan: Jaga Kacamata Anda, Jaga Kesehatan Mata Anda

Menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini tidak hanya akan memperpanjang umur kacamata Anda, tetapi juga menjaga kesehatan mata Anda. Dengan perawatan yang tepat, kacamata Anda akan tetap nyaman dipakai dan efektif dalam membantu penglihatan Anda. Jika Anda merasa kacamata Anda sudah tidak nyaman atau rusak akibat kebiasaan buruk, kunjungi VIUUM Eyewear terdekat untuk mendapatkan lifetime service gratis, konsultasi dan solusi terbaik, termasuk pilihan kacamata yang sesuai dengan Anda.

reservasi sekarangfloating-wa